Pencegahan Hama Ulat Bulu dan Hama lainnya

Di Desa Punggur Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Alhamdulilla sampai sekarang ini belum perna didatangi ulat bulu yang begitu banyak dan menyeramkan. beberapa puluh tahun yang lalu Didesa ini perna didatangi hama kelapa Disebut KUTU MARE yang begitu banyak hingga membunuh pohon kelapa di Daerah Parit Jawi Desa Punggur Besar.
Penduduk yang berdiam di Wilaya Parit Jawi dan sekitarnya mengadakan pembacaan AL BARZANJI di dalam kebun sebanyak 3x selama 3 minggu dengan membawa makanan berupa kue TELEPON (onde-onde) yang terbuat dari tepung ketan dan didalamnya diisi gula kelapa/gula merah lalu di taburkan dengan kelapa parut masing-masing penduduk membawa kue tersebut berjumlah 7 butir. Berkat Pertolongan ALLAH hama tersebut hilang entah kemana.
pada hari senin tanggal 2 Mei 2011 dua hari yang lalu warga Parit Berkat Dan Warga Sungai Lemak  Desa Punggur Besar malaksanakan ritual itu kembali guna mencegah datangnya ulat bulu/hama lainnya. acara tersebut dihadiri puluhan warga dan hadir pula toko-toko agam dan toko masyarkat termasuk saya juga hadir, secara bersama-sama membaca kitab AL BARZANJI. selama 3 senin dan berpidah ke kebun yang lain.

Dengan cara ini lah kami penduduk Desa Punggur Besar mencegah datangnya Ulat dan Hama mudahan ritual ini tidak membawa fitnah atau dipandang nigatif.